Rabu, 10 November 2010

ANALISA BERITA: Tersihir Pidato Obama, Inilah 'Agenda AS' dlm Pesan Orasinya di UI

"Pidato Depok" Obama dan Kepentingan Amerika
Obama menekankan tiga hal bagi Indonesia: pembangunan, demokrasi. dan keyakinan beragama.
Rabu, 10 November 2010, 23:11 WIB

VIVAnews-Mengakhiri kunjungan singkat--kurang dari 24 jam, di Jakarta, Presiden Amerika Serikat Barack Obama memberikan kesan mendalam di Universitas Indonesia pada Rabu, 10 November 2010. Di depan sekitar 7.500 undangan, dan penjagaan super ketat, pidato Obama memukau publik yang hadir.

Obama tiba di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat pada pukul 9.20 pagi. Tanpa upacara, tepuk tangan membahana saat Obama tampil dari sisi panggung, dan berjalan menuju podium. Dia melambaikan tangan, dan tersenyum lebar kepada hadirin yang menunggu sejak pukul 06.00 pagi.

“Selamat pagi, assalamualaikum,” ujar Obama membuka pidatonya. Tepuk tangan pun bergema panjang karena ucapan salam dalam bahasa Indonesia itu. Obama seakan ingin membunuh jarak antara dia dengan para hadirin, dan juga rakyat Indonesia yang menyaksikan pidato itu dari televisi
http://fokus.vivanews.com/news/read/...tingan-amerika

Amerika memiliki kepentingan di Indonesia tumbuh dan berkembang, dengan kemakmuran yang secara luas dibagi di antara rakyat Indonesia - karena kelas menengah di Indonesia meningkat berarti pasar baru untuk barang-barang kami, seperti halnya Amerika merupakan pasar untuk barang-barang yang berasal dari Indonesia. Jadi kita berinvestasi lebih di Indonesia, dan ekspor kami telah tumbuh hampir 50 persen, dan kami membuka pintu bagi Amerika dan Indonesia untuk melakukan bisnis dengan satu sama lain.

Amerika memiliki kepentingan di Indonesia yang memainkan peran yang sah dalam membentuk ekonomi global. Lewatlah sudah hari-hari ketika tujuh atau delapan negara akan datang bersama untuk menentukan arah pasar global. Itu sebabnya G20 sekarang menjadi pusat kerjasama ekonomi internasional, sehingga negara-negara berkembang seperti Indonesia memiliki suara lebih besar dan juga memikul tanggung jawab yang lebih besar untuk mengarahkan ekonomi global. Dan melalui kepemimpinannya kelompok anti-korupsi G20, Indonesia harus memimpin di panggung dunia dan dengan contoh dalam merangkul transparansi dan akuntabilitas. (Tepuk tangan)

Amerika memiliki kepentingan di Indonesia yang mengejar pembangunan berkelanjutan, karena cara kita tumbuh akan menentukan kualitas hidup kita dan kesehatan planet kita. Dan itulah sebabnya kami sedang mengembangkan teknologi energi bersih (nuklir? @TS) yang dapat kekuatan industri dan melestarikan sumber daya alam Indonesia yang berharga - dan Amerika menyambut kepemimpinan yang kuat di negara Anda dalam upaya global untuk memerangi perubahan iklim.

Di atas segalanya, Amerika memiliki kepentingan dalam keberhasilan masyarakat Indonesia. Di bawah berita utama hari itu, kita harus membangun jembatan antara orang-orang kami, karena keamanan masa depan kita dan kemakmuran bersama. Dan itu persis apa yang kita lakukan - dengan meningkatkan kerjasama antar para ilmuwan dan peneliti, dan dengan bekerja sama untuk mengembangkan kewirausahaan. Dan saya sangat senang bahwa kami telah berkomitmen untuk meningkatkan dua kali lipat jumlah mahasiswa Amerika dan mahasiswa Indonesia belajar di negara masing-masing. (Tepuk tangan) Kita ingin mahasiswa lebih banyak bahasa Indonesia di sekolah-sekolah Amerika, dan kami ingin lebih banya siswa Amerika untuk datang belajar di negeri ini. (Tepuk tangan) Kami ingin menjalin kerja baru dan pemahaman yang lebih besar antara kaum muda di abad muda.
Ini adalah isu-isu yang benar-benar penting dalam kehidupan kita sehari-hari.

dikutip dari terjemahan Pidato Lengkap Obama di Balairung Universitas Indonesia.
Kamis, 11 November 2010 | 00:43 WIB
http://www.tempointeraktif.com/hg/po...291064,id.html

--------------

Tanya: yang banyak mengambil manfaat untuk negeri kita selama ini dan di masa depan (dengan menyimak pidato Obama di UI kemaren), sebenarnya siapa? Indonesia atau AS?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar